Wednesday, July 14, 2010

Celoteh Dari Sekitar Kita


Ini merupakan hasil wawancara saya dengan seorang pedang kaki lima yang berjualan di depan kampus ITB. Saya sangat beruntung karena orang yang saya wawancarai bersikap kritis, peduli dan informatif.

Saya : Selamat siang Bapak, bisa minta waktunya sebentar untuk wawancara?

Bapak Mujahidin : Siang nak, boleh

Saya : Perkenalkan saya ..... mahasiswa kimia ITB 2008.

Bapak Mujahidin : Saya Mujahidin..
Saya : Asli orang bandung Pak?

Bapak Mujahidin : Bukan saya orang Sumatera barat. Merantau ke Bandung tahun1971

......
Saya : Sejak kapan Bapak berjualan susu murni?

Bapak Mujahidin : Sejak Tahun 1999

......
Saya : Setelah sekian lama berjualan di depan kampus ITB, menurut bapak
bagaimana Mahasiswa ITB itu sendiri?
Bapak Mujahdin : Menurut saya, mahasiswa ITB itu baik, peduli dengan masyarakat sekitar,
membantu pemberdayaan masyarakat sekitar tapi belum berhasil

Saya : Harapan bapak kepada mahasiswa ?

Bapak Mujahidin : Bisa membawa bangsa keluarga dari segala permasalahan birokrasi, dan
berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat kurang mampu
Tidak hanya menjanjikan pemberdayaan masyarakat sebatas pada konsep

...........
Saya : Apakah Bapak punya kegiatan lain selain berjualan?
Bapak Mujahidin : Saya juga memjabat sebagai Ketua koperasi Serba Usaha Ganyang

Saya : Bisakah Bapak menceritakan tentang koperasi tersebut?

Bapak Mujahidin : Koperasi Serba Usaha (KSU) ganyang berdiri pada tahun 2003
Merupakan 3 terbaik Koperasi Serba Usaha
Program jangka panjang ini selain sebgai kopersai serba usaha adalah
pengurus ingin memberdayakan masyarakat sekitar ganyang sehingga
menjadi percontohan PKL di Indonesia.
Program percontohan PKL ini adakan agar masyarakat lebih terberdayakan
menjadikan kawasan lebih hidup serta tukang parkirpun terberdayakan
Saya : Program jangka pendek koperasi ini apa?

Bapak Mujahidin : Program jangka pendek adalah menata kawasan ganyang khususnya los terbuka
barat- timur. diharapkan kesiapan kabinet KM ITB untuk membantu

No comments:

Post a Comment